Kemungkinan Terjadi Antoine Griezmann Dilarang Untuk Membela Barcelona, Apa Sebabnya?

Saga transfer untuk pemain berusia 28 tahun, Antoine Griezmann dari Atletico Madrid ke Barcelona dikabarkan belum tuntas saat itu. Atletico nyatanya masih belum merelakan kepergian pemain terbaiknya itu.

Dan saat ini kabarnya beberapa pekan lalu, Barcelona meresmikan pembelian Griezmann dengan membayar klausul rilisnya sebesar 120 juta euro. Tidak berhenti sampai keberhasilan ia bisa di boyong Barca tetapi, di sinilah masalah dimulai, Atletico kabarnya merasa telah dipermainkan oleh Griezmann dan Barca.

Atleti menuding Barca dan Griezmann sudah mencapai kesepakatan diam-diam beberapa bulan sebelumnya. Yakni ketika klausul Griezmann masih bernilai 200 juta euro, bukan 120 juta euro yang aktif per 1 Juli 2019 kemarin.

Sebab itu, Atletico meminta Barca membayar 80 juta euro sisanya. Mereka yakin Barca telah berbuat curang dan Atletico tidak akan tinggal diam dan katanya bakal membawa kasus ini ke hadapan hukum.

Namun sampai akhirnya beberapa pekan berlalu, ada berita yang berbicara jika kedua pihak tampak bakal berdamai, tetapi sekarang kasus ini justru semakin panas dan belum juga menemukan jalan keluarnya.

Rumitnya Kasus Griezmann

Atletico sebenarnya sudah pernah melaporkan Barca ke FIFA pada Desember 2017 lalu. Mereka merasa Barca telah mendekati Griezmann secara ilegal, alias melanggar aturan transfer yang seharusnya ditaati sesuai peraturan yang ada.

Griezmann sendiri nyatanya sudah pernah menolak tawaran Barca dan memilih memperpanjang kontraknya saja pada musim panas lalu, tepat sebelum Piala Dunia 2018 dimulai. Namun, justru kabar beredar kontrak baru inilah yang dimanfaatkan Barca sampai akhirnya ia di pertahankan.

Entah apa yang dipikirkan Atletico, mereka justru menurunkan klausul Griezmann jadi 120 juta euro saja di kontrak baru. Tentu saja kesempatan ini dimanfaatkan Barca satu tahun berikutnya, tepatnya per 1 Juli 2019 kemarin.

Laporan Atletico

Kini, presiden La Liga, Javier Tebas mengonfirmasi bahwa Atletico telah melayangkan komplain resmi terhadap keanehan sekaligus pelanggaran akan transfer Griezmann. Mereka yakin Barcelona seharusnya tetap membayar klausul lama yaitu sebesar 200 juta euro.

“[Atletico] sudah melayangkan komplain dan meragukan apakah kami [La Liga] bisa mengesahkan lisensi Griezmann ke Barcelona,” buka Tebas dikutip dari BBC.

“Saat ini sudah ada proses yang berjalan, dan sudah ada ahli yang berusaha menyelesaikan kasus ini.”

Mungkin Tidak Terlaksana

Tak hanya itu, Tebas selaku presiden La Liga mengakui jika ia melarang transfer pemain sangat mungkin terjadi dan hasilnya sudah jelas akan batal. Dan kuncinya ada di La Liga dimana punya otoritas yang kuat  untuk melakukannya, tidak lupa tentu dengan bukti-bukti yang kuat.

“Mungkin saja memblokir transfer pemain. La Liga harus memutuskan tindakan apa yang akan diambil,” tegas Tebas.

Apabila Barcelona terbukti curang, hanya ada dua kemungkinan: memenuhi permintaan Atletico; atau Griezmann bakal dianggap sebagai pemain ilegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *